Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja RinganSURVEY Dan Konsultasi Kami Berikan GRATIS..!! 24 JAMTelepon = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Ini Dia Biaya Renovasi Atap Baja Ringan

Ini Dia Biaya Renovasi Atap Baja Ringan

Dipublish pada 6 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 3.010 kali | Kategori: Blog

Biaya Renovasi Atap Baja Ringan – Pasti semua orang sudah mengetahui bahwa biaya renovasi lebih mahal, sehingga kita perlu mengetahui kapan kita ingin mengganti rangka atap yang lama. Dana harus disiapkan terutama bila menggunakan rangka atap baja ringan. Ketika kami berencana untuk mengganti atap rumah, kami menyediakan berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan terkait dengan pelaksanaan renovasi atap.

Biaya Renovasi Atap Baja Ringan

Biaya Renovasi Atap Baja Ringan

Search keyword:biaya renovasi atap rumah baja ringan, biaya renovasi atap baja ringan, renovasi atap baja ringan

Renovasi atap rumah harus dilakukan, apalagi jika struktur atas hunian sudah rapuh, sering rembes, atau bahkan bocor. Pemugaran pada atap ini penting dilakukan karena atap merupakan salah satu komponen penting rumah yang fungsinya memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuni di dalamnya.

Seperti diketahui, renovasi atap rumah terutama dari yang sebelumnya menggunakan kayu menjadi baja ringan membutuhkan anggaran yang besar. Dimana biasanya besarnya biaya renovasi atap rumah dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah ukuran atap rumah itu sendiri. Untuk itu, agar tidak terjadi kelebihan atau pembengkakan anggaran renovasi atap, sebaiknya hitung dulu total biayanya dengan cermat sejak awal. Nah nanti kita akan bahas berapa Biaya Renovasi Atap Baja Ringan.

Dalam proses renovasi, biasanya pemilik rumah membutuhkan beberapa komponen, mulai dari material hingga pekerja bangunan. Soal material, saat ingin membangun atau merenovasi rumah, kita harus tahu berapa banyak material dan biaya yang dikeluarkan, termasuk pengeluaran untuk membangun rangka atap. Mengingat besarnya peran atap untuk rumah dan biaya renovasi yang dinilai tidak murah, hal-hal berikut perlu diperhatikan sebelum melakukan perbaikan.

Berikut Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Renovasi

Model atap rumah

Tidak hanya untuk pertimbangan estetika, menentukan bentuk atap rumah juga akan memudahkan dalam menghitung material yang dibutuhkan serta mempersiapkan biaya renovasi.

Desain atap

Desain bentuk, jarak, ukuran kuda-kuda, serta seluruh pemasangan rangka atap harus jelas. Tujuannya untuk memudahkan dalam menentukan berapa biaya renovasi atap rumah.

Bahan atap

Pemilihan material, baik untuk rangka maupun penutup, harus diperhatikan dengan matang mengingat atap berkaitan dengan keselamatan penghuninya.

Solusi Renovasi Atap Rumah yang Cepat dan Ramah Kantong

Tidak hanya membuat perencanaan yang matang mengenai bentuk dan desain atap dengan memberikan gambar kerja, sehingga biaya renovasi atap dapat diminimalkan. Pilihan material rangka atap yang kokoh, pemasangan yang cepat, dan tahan lama hingga puluhan tahun seperti baja ringan. Di antara bahan ‘calon’ lainnya, yaitu bambu dan kayu, baja ringan lebih ideal digunakan saat ini, karena alasan berikut.

Kekuatan Tarik Tinggi

Kuat tarik yang tinggi per satuan berat baja ringan membuat material ini berpotensi memiliki beban mati yang cukup kecil. Tak heran jika material ini cocok digunakan sebagai struktur atap, termasuk yang memiliki bentang lebar.

Kokoh dan Memiliki Keuletan Yang Baik

Baja ringan dikenal sebagai material yang kuat dan mampu menahan beban deformasi selama proses fabrikasi, transportasi dan konstruksi. Selain itu, material ini memiliki daktilitas yang baik, yaitu mampu menahan respon inelastis termasuk defleksi terbesar dan menyerap energi.

Tahan lama

Seperti diketahui, baja ringan dikenal sebagai bahan yang tahan karat, karena memiliki lapisan (coating) dari Aluminium, Zinc, dan unsur kimia lainnya. Selain itu, dibandingkan dengan bambu atau kayu, baja ringan merupakan bahan yang tahan rayap dan tidak mudah keropos. Itu sebabnya, baja ringan untuk rangka atap akan memiliki masa pakai yang lama. Bahkan perawatan intensif dalam kondisi tertentu tidak diperlukan.

Instalasi Relatif Cepat

Pemasangan rangka atap baja ringan membutuhkan waktu yang cukup singkat, yaitu sekitar tiga hari hingga seminggu, tergantung dari tingkat kerumitan model atap dan luas atap. Pemasangan cepat ini karena baja ringan mudah dipotong, dibaut menjadi satu. Bobotnya yang ringan dan bentuknya yang presisi juga akan mengurangi kesulitan selama proses konstruksi, sehingga lebih efisien waktu.

Dana Efisien

Karena tahan karat, baja ringan ini tidak memerlukan pengecatan ulang. Aplikasi pelapis anti rayap seperti saat menggunakan kayu atau bambu juga tidak diperlukan. Sehingga biaya perawatan dapat diminimalisir. Dengan pemasangan yang cepat, biaya renovasi atap rumah juga bisa ditekan, terutama untuk membayar jasa tukang dengan sistem pembayaran harian.

Kebutuhan Komponen Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Sebelum pembahasan utama mengenai Biaya Renovasi Atap Baja Ringan lebih jauh, sebaiknya pahami dulu beberapa persyaratan komponennya. Beberapa komponen yang dibutuhkan dalam renovasi atap baja ringan antara lain sebagai berikut.

Bahan

Saat ingin merenovasi atap rumah, tentunya bahan bangunan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Dimana bahan untuk renovasi atap rumah baja ringan ini terdiri dari struktur rangka penyanggah dan bahan penutup atap rumah itu sendiri.

Pekerja Konstruksi

Pemilihan pekerja konstruksi juga merupakan hal penting berikutnya yang harus diperhatikan saat merenovasi atap rumah baja ringan. Di Indonesia, saat ini ada dua jenis pekerja konstruksi, yaitu pekerja sistem harian dan pekerja sistem borongan.

Biaya Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Setelah mengetahui beberapa kebutuhan komponen renovasi atap baja ringan, selanjutnya Kita juga harus memahami cara menghitung detail biayanya.

Rangka Atap Baja Ringan

Langkah pertama adalah menghitung biaya pembelian bahan rangka atap baja ringan. Harga baja ringan per batang di pasaran sendiri berada pada kisaran Rp. 110.000 menjadi Rp. 160.000. Misalnya jika Kita akan merenovasi atap baja ringan dengan tipe rumah minimalis berukuran 4 m x 8 m, maka Kita perlu menyiapkan budget sebesar Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000 untuk pembelian kebutuhan rangka baja ringan.

Bahan Atap Rumah

Tahap selanjutnya adalah menghitung biaya pembelian bahan penutup atap baja ringan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini di pasar Indonesia sendiri cukup banyak jenis bahan atap yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Namun, jenis bahan atap yang sering digunakan pada rumah bergaya minimalis adalah genteng atau asbes. Harga genteng di pasaran sendiri saat ini berada pada kisaran Rp. 7.000 untuk jenis beton dan Rp. 2.500 per buah untuk jenis genteng tanah liat.

Namun, jika Kita ingin merenovasi rumah dengan dana terbatas, maka atap asbes bisa menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, asbes sendiri dijual dengan harga Rp. 53.000 per lembar dengan dimensi atau dimensi panjang 180 cm, lebar 105 cm dan tebal sekitar 4 mm.

Biaya pemasangan

Dalam rincian perhitungan biaya renovasi atap rumah baja ringan, biaya tenaga kerja juga perlu diperhatikan. Jika ingin lebih menghemat anggaran biaya, maka sebaiknya menggunakan pekerja dengan sistem borongan. Selain dapat menghemat biaya, proses konstruksi oleh kontraktor atau kontraktor juga dinilai lebih cepat.

Misal kita akan memasang rangka atap baja ringan pada rumah berukuran 4 mx 8 m overstek 1 m dengan kemiringan 30 derajat menggunakan tenaga borongan dengan harga massal instalasi baja ringan saat ini adalah Rp 40.000 per meter persegi, maka kita membutuhkan untuk mempersiapkan biaya perhitungan di bawah ini.

  • Volume Atap Rumah Baja Ringan
  • Volume atap rumah : ((Panjang + Overstek) x (Lebar + Overstek)) ÷ Cos kemiringan 30 derajat.
  • Volume atap rumah : ((4 m + 1 m) x (8 m + 1 m)) ÷ 0.819.
  • Volume atap rumah : (5 m x 9 m) ÷ 0.819.
  • Volume atap rumah : 45 m2 ÷ 0.819 = 54.94 m2 (dibulatkan menjadi 55 m2)

Biaya Pemasangan Atap Baja Ringan

  • Biaya pemasangan : Volume atap baja rumah baja ringan x Harga borongan per meter.
  • Biaya pemasangan : 55 m2 x Rp 40.000 = Rp 2.200.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk ongkos pekerja borongan pemasangan atap baja ringan pada rumah berukuran 4 m x 8 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 2.200.000.

Demikianlah artikel ini tentang, Ini Dia Biaya Renovasi Atap Baja Ringan. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Cara Membuat Rumah Tahan Cuaca Buruk

4 Cara Membuat Rumah Tahan Cuaca Buruk

Dipublish pada 29 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 2.967 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Menghadapi penghujung tahun selalu melibatkan dengan cuaca buruk, tidak lain tidak bukan adalah musim hujan. Semakin mendekati akhir tahun kadang hujan semakin turun deras, hal ini yang harus diantisipasi dengan baik oleh orang-orang. Seperti membersihkan parit... selengkapnya

Pasang Baja Ringan

Cara Pasang Baja Ringan Yang Sangat Mudah

Dipublish pada 26 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 3.100 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Ada dua cara Pasang Baja Ringan sebagai rangka atap bangunan, yaitu tanpa kuda dan menggunakan sistem kuda. Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk memasang baja ringan ini. Biasanya pihak konstruksi bangunan sudah... selengkapnya

Rekomendasi Jenis Atap Untuk Ruang Jemuran

Rekomendasi Jenis Atap Untuk Ruang Jemuran

Dipublish pada 29 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 2.827 kali | Kategori: Blog

Setiap rumah yang nyaman untuk ditinggali, pastinya memiliki peralatan dan ruang-ruang sebagai pelengkap. Misalnya memiliki kursi atau sofa untuk tamu duduk di ruang tamu, memiliki meja dan kursi yang cukup di ruang keluarga untuk menghabiskan waktu bersama, dan memiliki dapur... selengkapnya