Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja RinganSURVEY Dan Konsultasi Kami Berikan GRATIS..!! 24 JAMTelepon = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Harga Dan Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Harga Dan Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 22 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.802 kali | Kategori: Blog

Rangka Atap Baja Ringan | Rangka Atap Baja Ringan merupakan salah satu material yang sering digunakan sebagai penopang dalam pembangunan rangka atap pada sebuah hunian. Sebenarnya tidak hanya baja ringan saja, tetapi ada juga material lain seperti kayu dan baja konvensional. Namun, bahan ini sekarang lebih populer di kalangan orang yang ingin membangun rumah. Mengapa demikian?

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Search keyword:harga pemasangan rangka atap baja ringan, harga pemasangan rangka baja per meter, harga pemasangan rangka baja ringan per meter, cara menghitung biaya pemasangan rangka atap baja ringan

Seperti namanya, mild steel terbuat dari baja yang lebih ringan dan tipis dari baja biasa pada umumnya. Hal ini tentunya memudahkan para pekerja anda dalam proses pemasangan rangka atap bangunan. Meski bobotnya ringan, material ini kokoh untuk menopang berbagai jenis atap yang akan Anda gunakan. Bagaimana dari segi harga? Simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

Harga Rangka Baja Ringan

Harga rangka baja ringan adalah Rp. 29.000 menjadi Rp. 150.000, cukup beragam tergantung jenis dan ukurannya. Dibandingkan dengan bahan lain, harga baja ringan lebih terjangkau. Ini adalah salah satu keunggulan yang berbeda dari bahan ini.

  1. Reng Baja Ringan 0,40 mm dengan ukuran 6 meter harganya Rp 35.000 – Rp 55.000
  2. Reng baja ringan 0,45 mm ukuran 6 meter seharga Rp 40.000 – Rp 60.000
  3. Rangka Baja Ringan 0.65 mm ukuran 6 meter harga Rp 70.000 – Rp 95.000
  4. Kasau Baja Ringan 0.70 mm dengan ukuran 6 meter harga Rp. 75.000 – Rp. 98.000
  5. Kasau Baja Ringan 0.75 mm dengan ukuran 6 meter harga Rp 80.000 – Rp 100.000

Ukuran Rangka Baja Ringan

Ukuran rangka baja ringan memiliki ketebalan mulai dari 0,75 mm hingga 1,00 mm. Meski ketebalan material ini tidak terlalu tebal, namun mild steel memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan material lainnya. Tergantung dari jenis dan bahannya, ukuran baja ringan bisa bermacam-macam. Secara umum ada tiga jenis rangka baja ringan, yaitu:

  • Kasau baja ringan, baja yang dilapisi dengan bahan seng, aluminium atau Galvanis, memiliki ketebalan 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm dan 1,00 mm.
  • Reng baja ringan, baja dengan bentuk trapesium yang umumnya digunakan untuk peletakan atap, memiliki ketebalan 0,45 mm dengan tinggi profil reng berkisar antara 28 mm.
  • Baja ringan taso, dengan ketebalan 0.65 mm, 0.75 mm, 0.80 mm dan 1.00 mm. Taso merupakan salah satu merk baja ringan yang ada.

Cara Memasang Rangka Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan | Pemasangan rangka baja sebagai penyangga atap bangunan harus mengikuti persyaratan teknis dan langkah kerja yang sistematis. Sebagai langkah awal, buatlah struktur pendukung berupa kolom atau ring balk untuk memudahkan pemasangan posisi rangka baja ringan secara akurat sesuai dengan letaknya. Sebelum proses pemasangan rangka atap, pastikan rangka atap terpasang dengan kuat, stabil dan tegak lurus dengan ring balk.

Langkah selanjutnya adalah menginstal mount. Nok adalah struktur bangunan untuk mengikat kuda satu sama lain. Nook harus dipasang dengan ketinggian puncak yang sama, serta sisi atap yang miring. Pastikan juga tidak ada bagian yang bergelombang, karena jika tidak dapat menyebabkan perubahan bentuk konstruksi bangunan.

Setelah memastikan kuda-kuda terpasang dengan akurat, kencangkan kuda-kuda dengan mengamankan pelat L dengan cincin balk menggunakan dynabolt. Dynabolt adalah baut yang digunakan untuk menghubungkan dua elemen yang berbeda dalam sebuah bangunan. Untuk memastikan kuda-kuda tidak berubah posisi, gunakan balok sebagai penyangga sementara.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan bracing. Langkah ini berguna sebagai perkuatan diikuti dengan reng baja ringan sesuai dengan peletakan penutup atap. Gunakan dua sekrup 10-16×16 untuk menahan rangka dan reng. Pada langkah terakhir, reng langit-langit baja ringan dapat dipasang ke permukaan akord bawah gergaji dan sekrup dengan jarak 120 cm.

Cara Menghitung Rangka Baja Ringan

Sebagai langkah awal sebelum pemasangan adalah menghitung volume yang dibutuhkan untuk atap bangunan. Rumus ini tidak sulit dan juga masih menggunakan ukuran meter persegi (m2).

(Panjang bangunan + overcut genteng (kedua sisi) ) x (lebar bangunan + overcut genteng (kedua sisi))/derajat kemiringan atap genteng (cos derajat)

Misalnya, rumah Anda memiliki panjang 7 meter dan lebar 11 meter dengan ceruk 2 meter di setiap sisinya. Kemiringan atap adalah 30 derajat. Maka volumenya adalah (7+2+2) x (11+2+2) / (cos 30=0,866) = 190 m2.

Rangka Atap Baja Ringan | Untuk menghitung total biaya, Anda hanya perlu mengalikan volume dengan harga baja ringan yang dipilih. Sebagai asumsi, Anda memilih jenis kasau baja ringan 0,70 mm seharga Rp. 98.000. Maka biayanya adalah 190m2 x Rp. 98.000 = Rp. 18.620.000.

Demikian ulasan tentang harga dan cara pemasangan Rangka Atap Baja Ringan, Apa Anda sedang bangun rumah dan sedang cari jasa pasang rangka atap baja ringan, Untuk mendapatkan harga terbaik segera hubungi Kami.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI

Berikut Informasi Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI, Anda Wajib Tahu

Dipublish pada 8 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.950 kali | Kategori: Blog

Search keyword:sni atap baja ringan, spesifikasi atap baja ringan, spesifikasi baja ringan untuk atap rumah, sni rangka atap baja ringan, standar sni baja ringan Di dunia konstruksi, pemanfaatan baja ringan sedang populer dan menjadi primadona. Pasalnya, material ini memiliki banyak... selengkapnya

Baja Ringan Murah

Alasan Menggunakan Baja Ringan Murah Dalam Membuat Rumah

Dipublish pada 23 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 3.069 kali | Kategori: Blog

Baja Ringan Murah | Awalnya, rangka atap baja ringan dianggap remeh. Namun, saat ini semakin banyak orang yang memilih sebagai bahan rangka atap. Baja ringan mulai mengubah penggunaan tradisional kayu atau baja untuk rangka atap. Bahan ini diluncurkan di Indonesia... selengkapnya

Rekomendasi atap rumah untuk desain modern

Sebelum Bangun Rumah, Berikut Rekomendasi Atap Rumah Untuk Desain Modern!

Dipublish pada 10 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.838 kali | Kategori: Blog

Membangun rumah memang menjadi impian setiap orang. Dalam prosesnya, banyak sekali yang perlu disiapkan seperti material, desain interior/eksterior, hingga perihal budget. Berbicara tentang hunian, ada beberapa sudut yang menjadi perhatian sang pemilik agar terlihat unik dan istimewa. Sudut ini salah... selengkapnya