Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja RinganSURVEY Dan Konsultasi Kami Berikan GRATIS..!! 24 JAMTelepon = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Cara Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

Cara Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

Dipublish pada 26 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 3.078 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Belakangan ini Pasang Baja Ringan sedang populer di kalangan masyarakat umum dan penggiat konstruksi. Mengapa kita harus menganggapnya sebagai bagian dari membangun konstruksi rumah dan bagaimana kita menghitung biaya pemasangannya? Review singkat kami kali ini akan membahasnya khusus untuk para pembaca setia kami.

Pasang Baja Ringan

Pasang Baja Ringan

Apa Itu Atap Baja Ringan?

Material baja ringan dapat didefinisikan sebagai material baja yang lebih tipis dan ringan dari baja konvensional, namun daya tahannya dapat diandalkan untuk menopang beban bangunan yang berat. Penciptaan awal varian baja ini didasarkan pada fakta bahwa bahan penyusun baja adalah karbon dan besi yang akan mudah berkarat jika terkena air dan udara dalam waktu lama.

Baja ringan memiliki tiga varian (G250, G300, G500) yang dibedakan oleh kekuatan tarik tinggi, fungsi dan ketebalan 0,20 hingga 2 mm. Meski saat ini sedang populer, rangka atap baja ringan baru dikenal masyarakat Indonesia sekitar akhir tahun 1999 – 2000. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi, cara masyarakat dalam mendesain rangka atap baja ringan pun ikut berkembang.

Saat ini, pemasangan atap baja ringan dapat didiskusikan dengan seorang profesional, yang akan membantu memvisualisasikan gambar rangka atap dalam bentuk gambar tiga dimensi atau dua dimensi. Walaupun saat ini rangka atap baja ringan banyak digunakan oleh rumah-rumah dengan atap pelana, bukan tidak mungkin rangka kran ini digunakan pada rumah gaya lain. Umumnya ketebalan rangka atap baja ringan berkisar antara 0,45 – 100mm. Kolom memiliki ketebalan yang lebih besar, yaitu 1,00 – 2mm.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Lihatlah di bidang konstruksi yang saat ini mempromosikan rangka atap baja ringan sebagai bahan berkualitas lebih baik untuk menciptakan rumah yang kuat sepanjang masa. Berikut beberapa alasannya:

1. Tanah Liat Atau Tangguh Dengan Keuletan Tinggi

Tanah liat di sini berarti karakter yang menentukan kemampuan suatu bahan untuk menyerap energi dalam jumlah besar. Rangka atap baja ringan mampu menahan beban deformasi tanpa menyebabkan kerusakan pada beban tarik. Baja ringan juga mampu menahan beban selama proses fabrikasi atau transportasi tanpa menyebabkan kerusakan besar. Ini sangat berbeda dari rangka kayu atau baja keras biasa. Kedua material ini dapat hancur ketika terkena beban kejut.

2. Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Relatif Pendek

Rangka atap baja mudah disambungkan satu sama lain menggunakan baut, mur atau las. Inilah sebabnya mengapa pemasangan rangka atap baja ringan hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat, yaitu maksimal tiga minggu.

Cara Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

Pasang Baja Ringan | Sebelum memutuskan untuk memasang rangka atap baja ringan, kita bisa menghitung detail biaya yang akan dikeluarkan dan menyesuaikan dengan budget kita. Saat ini biaya pemasangan rangka atap baja ringan sudah termasuk biaya penutup atap (genteng). Jadi, perkiraan biayanya adalah:

1. Sketsa Atapnya

Untuk mendapatkan gambaran tentang bentuk atap yang akan dipasang, kita dapat menggambarnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang diperkecil dengan menggunakan perhitungan skala.

2. Menghitung Luas Atap Rumah

Setiap atap memiliki oversteck 0,5 m di kanan, kiri, depan dan belakang. Jika kemiringan atap 30 derajat, maka luas atap (LAR) adalah:

LAR = panjang kali lebar

= (6 m + oversteck kanan dan kiri 1 m) x (10 m + oversteck depan dan belakang 1 m) / cos 30°

LAR = 88,92 m2.

3. Menghitung Total Biaya Baja Ringan

Pada tahap ini kita harus mencari tahu berapa kisaran harga baja ringan dan harga genteng pilihan kita. Sebagai contoh, harga baja ringan setebal 1 mm saat ini adalah Rp. 150 ribu/m2, sedangkan harga genteng metal Rp. 100 ribu/m2. Jadi total biaya baja ringan adalah:

= (LAR x harga baja ringan per m2)

= (88,92 m2 x Rp140.000) + (88,92 m2 x Rp100.000)

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000

= Rp. 22.230.000.

Pasang Baja Ringan | Penjelasan diatas merupakan perkiraan biaya kebutuhan bahan atap baja ringan. Lalu berapa biaya pemasangannya? Harga baja ringan tentunya tidak sama dengan biaya pemasangan. Jika harga baja ringan per meter persegi sekitar Rp 150 ribu, maka biaya pemasangannya hanya sekitar Rp 50 ribu/m2. Sedangkan harga atap galvalume (baja ringan) adalah Rp. 100.000,-, biaya pemasangan sekitar Rp. 25.000 saja.

Demikian ulasan artikel tentang cara menghitung biaya Pasang Baja Ringan, Ingin Pasang baja ringan silahkan hubungi kami.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Alasan Atap Rumah Mudah Bocor

Hati-hati, Inilah 5 Alasan Atap Rumah Mudah Bocor

Dipublish pada 31 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 3.029 kali | Kategori: Blog

Apa yang kalian khawatirkan saat musim hujan tiba? Banjir? Sulit untuk menjemur pakaian? Atau khawatir atap rumah kalian mengalami kebocoran? Saat musim hujan tiba memang terdapat dampak baik dan buruk datang beriringan, namun rasanya hal yang selalu dikhawatirkan oleh beberapa... selengkapnya

Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

6 Kelebihan Dan Kekurangan Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

Dipublish pada 29 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 2.926 kali | Kategori: Blog

Search keyword:kelebihan dan kekurangan atap baja ringan dan kayu, baja ringan kelebihan dan kekurangan, kekurangan dan kelebihan atap baja ringan, kelebihan atap baja ringan Setiap membangun atau merenovasi rumah tentu diperlukan perhitungan matang demi mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan apa saja... selengkapnya

Pasang Baja Ringan

Kelebihan Dan Kekurangan Pasang Baja Ringan Terbaru

Dipublish pada 1 Maret 2022 | Dilihat sebanyak 2.858 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Setelah mengetahui apa itu Pasang Baja Ringan atau galvalume dari artikel ini. Maka tidak heran jika baja ini menjadi salah satu bahan pengganti penggunaan kayu dalam pembuatan rangka atap. Search keyword:kelebihan dan kekurangan baja ringan dan... selengkapnya