Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja RinganSURVEY Dan Konsultasi Kami Berikan GRATIS..!! 24 JAMTelepon = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » 6 Kelebihan Dan Kekurangan Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

6 Kelebihan Dan Kekurangan Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

Dipublish pada 29 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 2.927 kali | Kategori: Blog
Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

Search keyword:kelebihan dan kekurangan atap baja ringan dan kayu, baja ringan kelebihan dan kekurangan, kekurangan dan kelebihan atap baja ringan, kelebihan atap baja ringan

Setiap membangun atau merenovasi rumah tentu diperlukan perhitungan matang demi mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan apa saja yang bisa didapatkan, bukan hal yang mudah apalagi untuk sebuah bangunan dengan rangka atap baja ringan. Diperlukan persiapan dan pertimbangan yang cukup agar semua bisa berjalan lancar, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan baja ringan untuk bangunan? Mari kita simak ulasannya.

 

Kelebihan 

 

  • Anti karat dan rayap 

Kedua hal yang disebutkan pada poin pertama tentu tidak akan ditemui bagi kalian pengguna rangka atap baja ringan, hal ini dikarenakan bahan rangka yang digunakan bukan terbuat dari kayu sehingga memiliki ketahanan baik. Selain memiliki rangka kokoh, baja ringan untuk bangunan bisa memberikan keamanan untuk terhindari dari cuaca buruk sekali pun.

 

  • Lebih murah

Dalam hal harga yang dibanderol, baja ringan memiliki harga yang lebih murah dari pada bahan kayu. Hal ini dipengaruhi oleh kesulitan dalam mencari sumber daya alam, harga kayu yang sering kali fluktuatif disebabkan oleh sulitnya menemukan kayu terbaik. Sedangkan baja ringan sendiri memiliki harga yang cenderung stabil karena tidak mengandalkan sumber daya alam organik seperti kayu, maka dari itu baja ringan murah direkomendasikan bagi kalian yang sedang membangun atau merenovasi.

 

  • Pemasangan 

Harga mudah yang bisa didapatkan tidak hanya berasal dari bahannya saja, namun harga pasang baja ringan pun terbilang murah. Hal ini berdampak dari proses pemasangan yang terbilang cepat dan tidak memerlukan waktu lama, sehingga tidak diperlukan dana lebih dalam pemasangan rangka atap baja ringan. Bila dibandingkan dengan pemasangan bahan dasar kayu tentu harga yang ditawarkan cukup tinggi, kalian kebingungan untuk memasang baja ringan? 

 

Jangan khawatir, kalian bisa mengunjungi situs bajaringanprambanan.id untuk meminta bantuan dalam hal pasang baja ringan. Dijamin rumah kalian akan terlihat lebih bagus dan diberikan pelayanan terbaik, ditambah lagi bajaringanprambanan.id merupakan baja ringan murah Jogja sehingga bisa menjadi rekomendasi bagi kalian.

 

  • Lentur dan fleksibel 

Hal ini bisa terlihat dari sekilas mata saja, pasalnya tekstur dari baja ringan sendiri memiliki kelenturan yang lebih baik dari pada baja konvensional. Apalagi bila dibandingkan dengan bahan dasar kayu, tentu baja ringan memiliki kualitas kelenturan yang sangat baik. Maka dari itu hal ini berdampak kepada proses pengerjaan yang cepat serta harga yang cenderung murah. 

 

  • Daya tahan

Poin selanjutnya masih berkaitan dengan bahan dasar baja ringan, karena bahan dasar yang digunakan bukanlah bahan organik atau kayu. Sehingga baja ringan memiliki ketahanan yang baik dalam menghadapi berbagai macam cuaca dan kondisi, terlebih dari hewan rayap yang kerap kali menjadi musuh besar rumah dengan bahan dasar kayu.

 

  • Ramah lingkungan 

Tidak semua bahan dari baja ringan adalah bahan yang tidak ramah lingkungan, ada pula jenis baja ringan yang ramah lingkungan seperti jenis atap kanopi go green. Jenis atap ini memadukan komponen organik dan non organik, sehingga menghasilkan kualitas terbaik yang ramah lingkungan.

 

Kelemahan

 

  • Tidak sembarangan 

Salah satu kekurangan yang didapatkan saat akan menggunakan baja ringan adalah tidak semua kondisi rumah bisa cocok untuk baja ringan, baja ringan tidak bisa dibentuk semudah itu mengikuti kondisi rumah yang diinginkan. Maka dari itu diperlukan penyesuaian agar bisa mencapai bentuk yang diinginkan, namun tentu saja tidak akan sesuai dengan yang diharapkan karena diperlukan penyesuaian.

 

  • Pengaruh cuaca

Terkadang pengaruh cuaca selama penggunaan baja ringan cukup mengganggu, bila kualitas baja ringan yang digunakan kurang baik atau salam proses pemasangan tidak sesuai dengan prosedur. Maka kualitas dari baja ringan akan terlihat buruk, misalnya mudah terbawa angin atau bahkan tidak kuat dalam menahan intensitas hujan tinggi.

 

  • Nilai estetika 

Meskipun baja ringan bisa menjadi rangka yang kokoh sekaligus memiliki bobot ringan, namun terkadang nilai estetika dari sebuah rumah akan berkurang saat menggunakan baja ringan. Keseimbangan antara komposisi konstruksi rumah dengan baja ringan harus sesuai agar memberikan kecocokan, tentu memaksakan untuk menggunakan baja ringan namun memberikan dampak buruk bukan sebuah pilihan yang bijak.

 

  • Hasil limbah

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa baja ringan memiliki beragam jenis ramah lingkungan, yaitu modifikasi yang memberikan dampak ramah lingkungan dengan adaptasi. Namun dampak buruk yang diterima pun tidak bisa dikesampingkan begitu saja, seperti hasil limbah dari baja ringan tentu tidak akan sebaik hasil limbah organik seperti kayu.

 

  • Perhitungan 

Satu hal yang membuat baja ringan begitu rentan adalah perhitungan matang dibutuhkan untuk mencapai komposisi terbaik, hal ini memang tidak berlaku untuk bahan baja ringan saja. Bila kalian menggunakan bahan dasar kayu, setiap detail perhitungan harus menjadi pertimbangan. Namun yang krusial adalah baja ringan memiliki syarat keamanan sendiri, sehingga menjadi rumit bila kalian tidak bisa melakukan perhitungan yang tepat.

 

  • Proses pemasangan 

Kelemahan terakhir yang bisa didapatkan adalah dalam hal pemasangan, tidak bisa dihindari bahwa saat memasang baja ringan. Kondisi cuaca menjadi salah satu persoalan yang sulit ditebak, pasalnya karena baja ringan memiliki bobot yang ringan. Maka bila kondisi angin kencang atau hujan serasa saat proses pemasangan, tentu akan memberikan kesulitan selama proses pemasangan dilakukan.

 

Apakah kalian sudah menentukan untuk memasang baja ringan atau tidak? Sebaiknya pertimbangkan kembali kelebihan dan kelemahan yang bisa didapatkan, setelah itu putuskan secara bijak dengan cara berdiskusi bersama keluarga.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Mengenal Model Atap Baja Ringan Bertumpuk

Mengenal Model Atap Baja Ringan Murah Bertumpuk Paling Banyak Diminati

Dipublish pada 10 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.976 kali | Kategori: Blog

Atap Baja Ringan Murah | Ketika membuat atap rumah maka harus dipertimbangkan dengan matang  jenisnya. Ada baiknya jika Anda sedang berniat membuat atap rumah untuk mengenal model atap baja ringan bertumpuk. Atap model ini belakangan banyak peminatnya apalagi rumah berbentuk... selengkapnya

Pasang Baja Ringan

Cara Pasang Baja Ringan Yang Sangat Mudah

Dipublish pada 26 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 3.100 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Ada dua cara Pasang Baja Ringan sebagai rangka atap bangunan, yaitu tanpa kuda dan menggunakan sistem kuda. Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk memasang baja ringan ini. Biasanya pihak konstruksi bangunan sudah... selengkapnya

Harga Jasa Pasang Baja Ringan Per Meter

Harga Jasa Pasang Baja Ringan Per Meter

Dipublish pada 25 Oktober 2021 | Dilihat sebanyak 3.489 kali | Kategori: Blog

Anda Sedang Cari jasa pasang baja ringan, jasa pasang baja ringan terdekat, harga jasa pasang baja ringan per meter, jasa pasang baja ringan per meter, harga jasa pasang baja ringan Harga Jasa Pasang Baja Ringan Per Meter Kontruksi Genteng Ringan... selengkapnya