Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja RinganSURVEY Dan Konsultasi Kami Berikan GRATIS..!! 24 JAMTelepon = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Berikut Informasi Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI, Anda Wajib Tahu

Berikut Informasi Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI, Anda Wajib Tahu

Dipublish pada 8 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.557 kali | Kategori: Blog
Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI

Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI

Search keyword:sni atap baja ringan, spesifikasi atap baja ringan, spesifikasi baja ringan untuk atap rumah, sni rangka atap baja ringan, standar sni baja ringan

Di dunia konstruksi, pemanfaatan baja ringan sedang populer dan menjadi primadona. Pasalnya, material ini memiliki banyak kegunaan serta efisien bila digunakan, khususnya sebagai rangka atap rumah. Saking banyaknya minat masyarakat untuk menggunakan baja ringan, banyak penjual yang mendistribusikan baja ringan tidak ber-SNI. Dalam artikel ini Anda akan mengenali spesifikasi atap baja ringan SNI, agar menjadi acuan saat membelinya nanti.

Tentu menjamurnya penjual baja ringan abal-abal dapat merugikan pengguna dan berisiko jika bangunan mengalami roboh. Namun fenomena ini memang tidak dapat dipungkiri, melihat belum ada tindakan tegas dari pemerintah, untuk mengatur penjualan baja ringan di pasaran. Oleh sebab itu tulisan ini memberi pemahaman kepada Anda tentang spesifikasi SNI di baja ringan.

Spesifikasi Atap Baja Ringan SNI

Di era perdagangan bebas sekarang ini, semua produk dari luar dapat masuk ke Indonesia dengan mudah. Tentu hal ini juga berlaku pada produk baja ringan. Alhasil, banyak ditemukan penjual ataupun produk baja ringan abal-abal atau tidak berstandar. Sebuah standar perlu untuk dijadikan perhatian, karena ini menyangkut kebutuhan konsumen serta produsen (penjual) baja ringan.

Melalui standar ini, konsumen dan produsen dapat memenuhi kepentingan, sebagai syarat mutu suatu produk. Barang ataupun produk yang tidak dilengkapi standar, tentu membawa risiko dan kerugian dari kedua belah pihak. Untuk konsumen akan rugi, karena telah mengeluarkan sejumlah uangnya. Sedangkan bagi produsen dapat tercemar nama baiknya.

Spesifikasi atap baja ringan SNI berguna melindungi produk lokal, yang bersaing dengan produk impor. Terlebih melihat era pasar bebas yang menjadikan produk tidak memiliki standar.

Mengenal Standar SNI di Baja Ringan

Sekarang ini masyarakat cenderung berasumsi pada SNI yang terletak pada bahan baku saja. Padahal Anda perlu jeli standar SNI yang tertera di profil lapisannya (coating), khususnya produk baja ringan untuk rangka atap. Terkadang banyak produk yang sudah memiliki standar SNI di bahan baku tapi tidak ada standar SNI di profil lapisan.

Keduanya (SNI di bahan baku dan profil lapisan) perlu diperhatikan bagi mereka yang hendak membeli produk baja ringan. Jika Anda lalai untukĀ  informasi ini, tentu akan mempengaruhi proses pembangunan hunian Anda, seperti roboh dan berisiko bagi keselamatan keluarga Anda.

Cara Menentukan Rangka Atap Baja Ringan

Melihat fungsi baja ringan yang fleksibel dalam pembangunan rumah, banyak konsumen yang menggunakan material ini untuk rumah mereka. Spesifikasi atap baja ringan SNI perlu menjadi acuan, mengingat pentingnya material ini pada rangka atap hunian. Berikut cara menentukan rangka atap baja ringan, yang perlu Anda perhatikan.

  1. Lapisan Memiliki Masa Tahan Karat

Anda perlu memperhatikan tulisan di baja ringan dengan kode SNI 409 : 2007, yang menjelaskan SNI material/ SNI standart produk BjLAS/ Baja Lapis Aluminium Seng. Anda pun perlu memperhatikan kode massa lapisan seng yang baik yakni AS 70 dan AS 100. Sedangkan untuk komposisi BjLAS-nya yakni 5-% aluminium, 43,5% seng, dan 1,5% silicon.

  1. Tebal Baja Ringan

Anda juga wajib memperhatikan ketebalan produk dengan ketentuan SNI 8399:2017. Sehingga dengan kode ini produk memiliki kriteria ketebalan di bawah 1 milimeter.

  1. Faktor Tegangan Tarikan

Faktor tegangan juga perlu menjadi perhatian, karena baja ringan yang baik memiliki standar G550. Hal ini mengartikan material memiliki ketegangan yang baik dengan minimal 550 Mpa, untuk menopang beban.

  1. Berstandar SNI dan Bergaransi

Standar SNI perlu untuk diperhatikan, karena produk yang baik terdiri dari Alumunium (Al), Zinc (ZN), dan lainya. Saat membeli baja ringan untuk rangka atap ber-SNI tentu akan disertai garansi, agar konsumen terhindar dari kerugian.

Selengkapnya tentang spesifikasi atap baja ringan SNI yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan aplikator dan menginginkan produk baja ringan ber-SNI, kunjungilah web Baja Ringan Prambanan. Di sana Anda akan menemukan banyak pilihan produk berkualitas dan disertai garansi pembelian.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Baja Ringan Murah Jogja

Tips Memilih Baja Ringan Murah Jogja Bagus

Dipublish pada 3 Maret 2022 | Dilihat sebanyak 2.490 kali | Kategori: Blog

Baja Ringan Murah Jogja | Pada sebuah bangunan, atap merupakan bagian vital yang berguna untuk melindungi penghuni bangunan dari berbagai cuaca, baik panas maupun hujan. Untuk memasang atap tentunya dibutuhkan rangka atap agar atap dapat disangga dengan kokoh dan kokoh.... selengkapnya

Cara Membuat Struktur Baja Ringan Kuat

Cara Membuat Struktur Baja Ringan Kuat, Awet dan Tahan Lama

Dipublish pada 9 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.433 kali | Kategori: Blog

Search keyword:cara menghitung struktur atap baja ringan, cara menghitung struktur baja ringan, cara menghitung kekuatan konstruksi baja ringan, cara membuat konstruksi baja ringan, contoh perhitungan struktur baja ringan Keberadaan konstruksi atap pada baja ringan sangatlah penting. Alasannya karena atap adalah... selengkapnya

Rekomendasi Jenis Atap Untuk Ruang Jemuran

Rekomendasi Jenis Atap Untuk Ruang Jemuran

Dipublish pada 29 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 2.450 kali | Kategori: Blog

Setiap rumah yang nyaman untuk ditinggali, pastinya memiliki peralatan dan ruang-ruang sebagai pelengkap. Misalnya memiliki kursi atau sofa untuk tamu duduk di ruang tamu, memiliki meja dan kursi yang cukup di ruang keluarga untuk menghabiskan waktu bersama, dan memiliki dapur... selengkapnya