Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja Ringan Cek Bahan Material SURVE Dan Konsultasi Kami Berikan GRATiis..!! 24 JAM Tlpn = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500 Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Menu
Paket Terpasang
Beranda » Blog » Pasang Baja Ringan Yang Bisa Anda Coba Sendiri

Pasang Baja Ringan Yang Bisa Anda Coba Sendiri

Dipublish pada 21 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 586 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Pasang Baja Ringan ini merupakan material yang dikenal kokoh dan anti karat. Baja ringan, biasa disebut Galvalume, sering digunakan untuk memasang rangka baja atap untuk konstruksi bangunan besar atau atap rumah.

Pasang Baja Ringan

Pasang Baja Ringan

Dikarenakan kondisi material yang mengandung Zinc Aluminium dan Zinc Coated menjadikan baja ringan memiliki kualitas yang diminati masyarakat yaitu anti karat dan kuat terhadap segala cuaca. Maka tak jarang baja ringan ini digunakan untuk membuat kanopi di halaman atau teras rumah.

Cara Pasang Baja Ringan Sendiri

Pemasangan kanopi baja ringan di pekarangan rumah tentunya bisa dilakukan sendiri, dengan bantuan 2-3 orang tentunya cukup bergotong royong. Simak sendiri cara memasang baja ringan berikut ini:

1. Siapkan Sketsa

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luas lahan terbuka yang ingin ditutup kanopi nantinya. Biasanya 36,45,60 tipe rumah memiliki lahan terbuka seluas 30m2 sampai 40m2. Namun, ini tergantung pada keadaan halaman rumah masing-masing. Selanjutnya, berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat sketsa:

  • Hitung Luas Lahan Terbuka: Hitung lebar dan panjang areal terbuka untuk pekarangan atau teras Anda. Hal ini akan memudahkan pengukuran saat memilih jenis penutup atap. Juga perhitungan material untuk pemasangan kuda-kuda antar tiang kanopi nantinya.
  • Periksa Tinggi Tiang Kanopi: Perhatikan ketinggian tiang, disarankan tidak terlalu tinggi, umumnya berkisar antara 3m hingga 4m. Pemasangan rangka baja pada tiang ini harus dipasang bersisian dalam 2 lapis tegak lurus, 1 kiri dan 1 kanan. Hal ini dilakukan agar dapat menopang berat atap yang digunakan dengan kuat.
  • Ukur Atap: Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk memasang baja ringan adalah mengukur luas atap. Yang pasti, Anda juga harus mengukur derajat kemiringannya. Pastikan angka yang dihasilkan benar-benar akurat sehingga Anda tidak perlu menghitung ulang di tengah proses. Kemiringan atap sendiri bervariasi, tergantung luas bangunan di bawahnya. Namun, kemiringan yang ideal adalah 25 hingga 30 derajat. Ini berguna jika hujan, air akan langsung mengalir dan tidak menggenang di atap.

2. Hitung Jumlah Beban

Setelah mengetahui luas atap, Anda perlu menghitung total beban. Hal ini penting dilakukan agar kekuatan kuda dapat diketahui. Jangan sampai kuda-kuda yang Anda sandang ambruk hanya karena salah perhitungan. Belum selesai, Anda perlu memperhatikan bentuk atapnya. Mengetahui bentuk atap akan memudahkan Anda dalam memasang baja ringan untuk area miring.

3. Membeli Bahan

Pasang Baja Ringan | Setelah melakukan perencanaan seperti di atas, Anda akan lebih menghemat penggunaan bahan, tentunya juga cukup dan tidak ada kekurangan bahan. Mengenai selera dan jenis model kanopi yang Anda inginkan untuk halaman rumah Anda, silakan merujuk ke referensi 4 jenis model kanopi baja ringan untuk garasi rumah Anda dan pilih yang paling sesuai dengan selera Anda.

Harga baja ringan biasanya mulai dari Rp 70.000 – Rp 75.000 di toko bangunan umum. Untuk atap spandek biasanya berkisar antara Rp. 60.000/m2 dan untuk reng baja ringan biasanya mulai dari 30 ribu, tergantung tinggi trapesium reng.

4. Peralatan dan Penandaan

Langkah selanjutnya adalah menandai atau menandai. Cara membuat tanda pada baja ringan satu sama lain dengan memberikan simbol atau angka yang mudah anda pahami. Fungsinya, hal ini dapat memudahkan Anda dalam memasang dan meletakkannya. Dengan memberi tanda, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi kekurangan bahan. Jika demikian, letakkan baja ringan secara berurutan sesuai dengan tanda yang Anda buat.

Peralatan yang dibutuhkan biasanya seperti:

  • Baja ringan jenis kaso
  • Reng
  • Baut reng
  • Mata bor listrik
  • Mata bor khusus no.8
  • Baut Baja ringan
  • Meter
  • Penggaris siku
  • Gunting baja ringan.

5. Mulai Memasang

Cara pemasangan baja ringan selanjutnya adalah mulai dari rangka atap kanopi, pemasangan atap, reng, hingga tahap terakhir adalah pemasangan kuda-kuda. Pasang baja ringan sesuai dengan tanda, termasuk yang diletakkan miring. Kencangkan gulungan menggunakan pelat L. Anda dapat menggunakan cincin balok dan siku untuk menghubungkannya. Pastikan semuanya tersambung dengan kuat dan sesuai dengan kolomnya masing-masing.

Pasang Baja Ringan | Untuk memastikan bahwa kuda-kuda yang Anda buat benar-benar kuat, pasang penyangga yang menyentuh beberapa baja ringan. Dengan langkah dan tips tersebut tentunya dapat memudahkan Anda untuk memahami cara memasang baja ringan sendiri dengan benar. Namun, Anda harus memastikan beberapa hal setelah memasang baja ringan sendiri, salah satunya adalah memeriksa hasil pekerjaan Anda.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Pasang Baja Ringan yang bisa anda coba sendiri, semoga bermanfaat.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Atap Baja Ringan Murah

Tips Memilih Atap Baja Ringan Murah Berkualitas

Dipublish pada 3 Maret 2022 | Dilihat sebanyak 713 kali | Kategori: Blog

Atap Baja Ringan Murah | Tentunya para pembaca semua penasaran dan sangat ingin tahu seperti apa klasifikasi Atap Baja Ringan Murah terbaik yang cocok untuk digunakan sebagai salah satu struktur bangunan utama tempat tinggal Anda agar nyaman untuk ditinggali. Baja yang... selengkapnya

Baja Ringan Murah

Alasan Menggunakan Baja Ringan Murah Dalam Membuat Rumah

Dipublish pada 23 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 762 kali | Kategori: Blog

Baja Ringan Murah | Awalnya, rangka atap baja ringan dianggap remeh. Namun, saat ini semakin banyak orang yang memilih sebagai bahan rangka atap. Baja ringan mulai mengubah penggunaan tradisional kayu atau baja untuk rangka atap. Bahan ini diluncurkan di Indonesia... selengkapnya

apa itu genteng aspal? 

Apa Itu Genteng Aspal?  Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Dipublish pada 9 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 771 kali | Kategori: Blog

Penutup atap sering menjadi hal yang dipikirkan banyak orang dalam melakukan pemasangan. Anda dapat memperoleh rumah yang lebih nyaman dengan atap berkualitas. Jadi, wajar untuk mempertimbangkan hal ini dengan baik. Salah satu caranya dengan mengenal apa itu genteng aspal? Untuk... selengkapnya

Our Office

Baja Ringan Prambanan
Jln. Prambanan Manisrenggo No.16 Kb. Dalem Lor, Kb. Dalem Lor, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
E-mail : bajaringanprambanan@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Pesan Pasang KLIK WA DISini

error: Content is protected !!