Melayani Jasa Bongkar Atap Lama Di Ganti Baja RinganSURVEY Dan Konsultasi Kami Berikan GRATIS..!! 24 JAMTelepon = 0274 2853197 , WA 0815.1117.1631 / 0877.17171.500Baja Ringan Klaten, Baja Ringan Jogja, Baja Ringan Magelang, Baja Ringan Bantul
Beranda » Blog » Jangan Salah! Begini Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap yang Benar

Jangan Salah! Begini Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap yang Benar

Dipublish pada 10 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.632 kali | Kategori: Blog
Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap

Search keyword:cara menghitung baja ringan untuk atap rumah, cara menghitung baja ringan atap pelana, cara menghitung atap baja ringan jurai

Baja ringan telah menjadi salah satu komponen penting dalam proses konstruksi dan pengembangan hunian. Terutama dijadikan sebagai komponen untuk pembuatan atap rumah atau hunian. Agar bisa mendapatkan ukuran dan jumlah baja ringan yang tepat, Anda perlu mengetahui Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap berdasarkan ukuran luas rumah yang dibangun.

3 Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap yang Perlu Anda Ketahui

Secara umum, menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap bisa dilakukan dengan menggunakan rumus volume. Namun untuk mendapatkan angka yang akurat, Anda perlu menghitung beberapa aspek terkait dengan ukuran rumah yang sedang dibangun.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap yang perlu Anda ketahui.

1. Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan Atap : Ukur Total Luas Rumah

Sebelum bisa melakukan perhitungan terkait kebutuhan ukuran atap baja ringan, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui ukuran luas rumah yang dimiliki.  Ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti panjang rumah, lebar rumah, ukuran overstek, dan juga kemiringan atap yang akan dibuat.

Sebagai contoh, Anda memiliki unit rumah tipe 36 dengan ukuran 6 x 6 meter. Kemudian anggaplah bahwa nilai overstek bangunan yang ideal adalah sebesar 1 meter dengan kemiringan atap sebesar 30 derajat.

Maka ukuran panjang dan lebar bangunan akan bisa dicari menggunakan rumus berikut :

Panjang bangunan = Panjang hunian + (2 x overstek) = 6 meter + (2 x 1 meter) = 8 meter

Lebar bangunan = Lebar hunian + (2 x overstek) = 6 meter + (2 x 1 meter) = 8 meter.

Sudut Kemiringan = cos 30 = 0.86

2. Menghitung Volume Rangka Atap  

Setelah mengetahui ukuran panjang, lebar, dan juga kemiringan atap maka Anda pun sudah bisa mulai menghitung volume atap bangunan. Untuk menghitung volume rangka atap, bisa menggunakan formula berikut ini :

Volume = (panjang  x lebar bangunan) x Kemiringan = 8 m x 8 m x 0.86 = 74,4 meter kubik.

3. Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Untuk Atap

Setelah Anda bisa mengetahui ukuran volume rangka atap baja ringan, maka tahapan berikutnya adalah menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap. Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat atap baja ringan akan melibatkan dua jenis yakni Kaso dan juga Reng. Sehingga masing-masing komponen harus diperhitungkan secara mandiri.

Kaso adalah jenis baja ringan dengan ukuran yang agak besar dan dikenal sebagai penopang plafon yang akan menjadi rangka dasar. Untuk menghitung kaso, Anda bisa menggunakan rumus perhitungan sebagai berikut :

Jumlah Kaso = (volume atap x 4) : 6 = (74,4 x 4) : 6 = 49.6

Gunakan pembulatan ke atas sehingga jumlah kaso yang dibutuhkan adalah 50 batang.

Sedangkan untuk menghitung jumlah reng, Anda bisa menggunakan formula berikut :

Jumlah Reng = jumlah kaso x 1,2 = 50 x 1,2 = 59,5 batang.

Agar lebih aman, sebaiknya gunakan pembulatan ke atas sehingga jumlah reng yang dibutuhkan adalah 60 batang.

Jadi untuk membuat atap baja ringan untuk rumah tipe 36 dengan panjang 6 meter x 6 meter maka akan membutuhkan kaso sebanyak 50 batang dan reng sebanyak 60 batang.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menghitung ukuran baja ringan atap yang perlu Anda ketahui. Kalau Anda masih bingung mencari jasa pasang baja ringan terbaik, langsung saja kunjungi bajaringanprambanan.id dan dapatkan penawaran harga terbaiknya untuk Anda.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Pasang Baja Ringan

Cara Pasang Baja Ringan Yang Sangat Mudah

Dipublish pada 26 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.710 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Ada dua cara Pasang Baja Ringan sebagai rangka atap bangunan, yaitu tanpa kuda dan menggunakan sistem kuda. Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk memasang baja ringan ini. Biasanya pihak konstruksi bangunan sudah... selengkapnya

Pasang Baja Ringan

Cara Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

Dipublish pada 26 Februari 2022 | Dilihat sebanyak 2.657 kali | Kategori: Blog

Pasang Baja Ringan | Belakangan ini Pasang Baja Ringan sedang populer di kalangan masyarakat umum dan penggiat konstruksi. Mengapa kita harus menganggapnya sebagai bagian dari membangun konstruksi rumah dan bagaimana kita menghitung biaya pemasangannya? Review singkat kami kali ini akan... selengkapnya

Apa itu atap uPVC_ Apakah sama dengan atap PVC

Apa itu atap uPVC Apakah sama dengan atap PVC_

Dipublish pada 29 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 2.495 kali | Kategori: Blog

Kalian sedang melakukan renovasi murah? Membutuhkan referensi dalam memilih jenis atap terbaik? Cobalah untuk menggunakan atap PVC, jenis atap ini terbuat dari plastik dan memiliki beragam kelebihan yang bisa membantu dalam memberikan daya tahan baik kepada rumah kalian. Tidak hanya... selengkapnya